31 Agustus 2015

Sumbawa Tuan Rumah Asean University Youth Summit (AUYS)



Mataram - Universitas Teknologi Sumbawa, (UTS) dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan Asean University Youth Summit (AUYS) 2016. Pengumuman ini disampaikan pada acara penutupan AUYS 2015 yang digelar di Hotel EDC, Universitas Utara Malaysia (UUM), Sintok, Kedah, Malaysia. Hal demikian diungkap Rektor UTS, Dr. Arief Budi Witarto, M.Eng ketika bertemu Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, di kediaman resmi gubernur, Selasa siang (25/8/2015).  

Arief yang datang didampingi beberapa dekan dari berbagai fakultas di UTS itu mengungkapkan, AUYS nanti akan digelar Januari 2016 di Sumbawa. Ia menyatakan, terpilihnya NTB, khususnya UTS sebagai lokasi AUYS tak lepas dari gencarnya promosi mahasiswa UTS pada ajang AUYS lalu. Diungkap Arief, Januari 2015 10 orang mahasiswa UTS telah berangkat ke Malaysia sebagai delegasi UTS untuk mengikuti AUYS. “Gencarnya mereka mempromosikan NTB dengan segala potensi sumber daya alam, hingga wisata budayanya, membuat Sumbawa dipercaya sebagai tuan rumah kegiatan bertaraf Asean itu”, katanya.  

Menurut Arief, kegiatan akan melibatkan 500 peserta yang merupakan pemuda-pemuda Asean. Rencananya, UTS akan menggunakan konsep berbeda dalam pelaksanaannya, yakni tidak hanya monoton berdiskusi di dalam ruangan, melainkan dipadukan dengan kegiatan outbond. Para peserta rencananya akan diajak berkeliling melihat potensi yang dimiliki Sumbawa di beberapa tempat seperti kerajinan, madu, susu, kuda liar serta alam wisata. Dituturkan Arief kepada gubernur, kontingen AUYS selama 3 hari akan berada di pulau Sumbawa, dan 2 hari di pulau Lombok.  Namun demikian pihaknya berharap kegiatan ini mendapat dukungan dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.  

Menanggapi apa yang disampaikan Arief, gubernur menyambut baik dan memberikan apresiasi. Ia berharap kegiatan berlangsung sukses dan berdampak positif bagi daerah, khususnya dalam rangka promosi pariwisata dimana para peserta merupakan perwakilan pemuda dari berbagai Negara di Asean, yang bisa ikut membantu mempromosikan pariwisata NTB.

Sumber Berita :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar