26 Agustus 2015

Tingkatkan Peran FKDM dalam Masyarakat


Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. TGH.M.Zainul Majdi, didampingi Asisten Administrasi Umum dan Kesra Setda Prov. NTB, Drs. H. Lalu Syafi’i, MM dan Kepala Bakesbangpoldagri NTB, Drs. Lalu Bayu Windia, M.Si menerima anggota Forum Kewaspadan Dini Masyarakat (FKDM) NTB di ruang kerja Gubernur, Kamis, (20/8/2015).
 
Pimpinan rombongan, Dr. Muh. Nasir SH, M.Hum menjelaskan, FKDM dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2006. Dalam kesempatan bersilaturrahim dengan gubernur tadi, ia beserta perwakilan anggota forum yang berasal dari masing-masing kabupaten/kota se Nusa Tenggara Barat sengaja ingin melaporkan kepada gubernur terkait perkembangan kegiatan yang telah dilakukan Forum Kewaspadan Dini Masyarakat (FKDM). Sejauh ini, pihaknya beserta anggota yang lain telah melaksanakan sosialisasi di berbagai tempat untuk lebih mendekatkan dan mengakrabkan peran FKDM kepada masyarakat. Sosialisasi dimaksud, ujarnya telah melibatkan berbagai tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di Nusa Tenggara Barat. Selain itu telah digelar pula FGD di Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Bima. Dua daerah ini yang menurutnya rawan konflik. 
 
Sementara itu, Kepala Bakesbangpoldagri NTB, Drs. Lalu Bayu Windia, M.Si menjelaskan, FKDM merupakan wadah paling awal yang diharapkan dapat mengantisipasi terjadinya kerawanan gangguan kamtibmas, karena dengan adanya peran serta masyarakat dalam mengetahui dinamika yang terjadi di lingkungan,  sedari awal dapat dilakukan langkah-langkah antisipasi. Dijelaskan Bayu, sesuai kedudukannya, maka tugas FKDM adalah membantu pemerintah mendeteksi dini potensi konflik sosial di masyarakat, membantu upaya perdamaian terhadap masyarakat yang mengalami konflik, dan memberikan rekomendasi kepada pemerintah dalam rangka upaya penyelesaian konflik sosial. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar