31 Desember 2015

Pelayanan Informasi Instansi Pemerintah Melalui Media Sosial



Lahirnya social media atau media sosial yang kini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam perkembangan teknologi internet, membuat arus informasi tidak hanya dikuasai oleh segelintir orang saja. Beragam aplikasi internet berbasiskan media sosial kian marak dan mampu mengubah paradigma para pengguna internet di seluruh dunia. Dengan media sosial, setiap individu dapat saling berbagi cerita dan informasi dengan menggabungkan teknologi berupa tulisan, gambar, maupun audio visual.

Jika dulu suatu produk informasi atau pelayanan informasi hanya bisa dipublikasikan oleh pihak tertentu saja, maka kini setiap instansi atau individu bisa mempublikasikan informasinya sendiri. Masyarakat sebagai pengguna pelayanan informasi bisa langsung memberikan tanggapan atau komentar secara realtime. Hal ini membuat interaksi sosial antara satu individu dengan individu lain menjadi lebih cepat dan juga lebih murah.

Guna mendukung keterbukaan informasi, instansi pemerintah harus menguasai teknologi informasi dan komunikasi, termasuk di dalamnya media sosial sehingga dapat mengetahui kebutuhan publik. Instansi pemerintah juga harus mampu menjalin sinergi dengan media massa terkait proses penyebaran informasi kepada publik.

Seiring semakin majunya teknologi informasi dan komunikasi yang beredar di tengah masyarakat sebagai  akibat dari tuntutan zaman, instansi pemerintah harus mampu menggunakan perangkat teknologi tersebut, guna mendistribusikan inforrmasi kepada publik secara cepat, tepat dan efektif. Media social ikut memegang peranan penting dalam menentukan keberhasilan pelayanan informasi publik.

Media sosial yang semakin lama semakin beragam jenisnya akan memudahkan masyarakat untuk menyampaikan kritik, masukan, pendapat, dan meminta informasi melalui media tersebut. Untuk itu instansi pemerintah harus siap melayani masyarakat dengan cara memanfaatkan platform media sosial ini secara aktif dan efektif.

Karena media social berkaitan dengan teknologi, maka untuk memahami teknologi ini, instansi pemerintah harus memahami implikasi aplikasi baru tersebut terhadap tanggapan masyarakat. Selain itu, pemahaman karakter dan budaya lokal mutlak diperlukan untuk membangun strategi pelayanan informasi. Jadi, pada era saat ini instansi pemerintah harus mampu menjalin komunikasi langsung dengan masyarakat melalui media sosial.(*)

Kamis, 31 Desember 2015
Penulis : Muhammad Anshor, S.Sos
(Pranata Humas Rumah Sakit H.L. Manambai Abdulkadir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar