Lahirnya social media
atau media sosial yang kini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam
perkembangan teknologi internet, membuat arus informasi tidak hanya dikuasai
oleh segelintir orang saja. Beragam aplikasi internet berbasiskan media sosial
kian marak dan mampu mengubah paradigma para pengguna internet di seluruh
dunia. Dengan media sosial, setiap individu dapat saling berbagi cerita dan
informasi dengan menggabungkan teknologi berupa tulisan, gambar, maupun audio
visual.
Jika dulu suatu produk informasi atau pelayanan
informasi hanya bisa dipublikasikan oleh pihak tertentu saja, maka kini setiap instansi
atau individu bisa mempublikasikan informasinya sendiri. Masyarakat sebagai
pengguna pelayanan informasi bisa langsung memberikan tanggapan atau komentar secara
realtime. Hal ini membuat interaksi
sosial antara satu individu dengan individu lain menjadi lebih cepat dan juga
lebih murah.
Guna mendukung keterbukaan informasi, instansi pemerintah
harus menguasai teknologi informasi dan komunikasi, termasuk di dalamnya media
sosial sehingga dapat mengetahui kebutuhan publik. Instansi pemerintah juga harus
mampu menjalin sinergi dengan media massa terkait proses penyebaran informasi kepada
publik.
Seiring semakin majunya teknologi informasi dan
komunikasi yang beredar di tengah masyarakat sebagai akibat dari tuntutan
zaman, instansi pemerintah harus mampu menggunakan perangkat teknologi
tersebut, guna mendistribusikan inforrmasi kepada publik secara cepat, tepat
dan efektif. Media social ikut memegang peranan penting dalam menentukan
keberhasilan pelayanan informasi publik.
Karena media social berkaitan dengan teknologi,
maka untuk memahami teknologi ini, instansi pemerintah harus memahami implikasi
aplikasi baru tersebut terhadap tanggapan masyarakat. Selain itu, pemahaman karakter
dan budaya lokal mutlak diperlukan untuk membangun strategi pelayanan informasi.
Jadi, pada era saat ini instansi pemerintah harus mampu menjalin komunikasi langsung
dengan masyarakat melalui media sosial.(*)
Kamis, 31 Desember 2015
Penulis : Muhammad Anshor, S.Sos
(Pranata Humas Rumah Sakit H.L. Manambai
Abdulkadir)