28 September 2014

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (GENERIK OPEN SOURCE )

Oleh,
Rizal Husaeni, S.Kep. Ns
Ketua SIMRS RSUDP Di Sumbawa

SISTEM Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) adalah sebuah system informasi yang terintegrasi yang disiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen Rumah Sakit, mulai dari pelayanan diagnose dan tindakan untuk pasien, medical record, apotek, gudang farmasi, penagihan, database personalia, penggajian karyawan, proses akuntansi sampai dengan pengendalian oleh manajemen.


Tujuan SIMRS GOS adalah agar rumah sakit dapat memiliki SIMRS untuk kemudian dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Konsep SIMRS GOS ini pun menggunakan teknologi yang sangat umum, menggunakan PHP dan MySQL, berbasis client server, biaya murah (Open source), dikembangkan sesuai kebutuhan dan tidak menciptakan ketergantungan.
Untuk mendapatkan aplikasi ini pun cukup mudah, karena sudah disediakan secara gratis oleh Ditjen BUK, dengan mengajukan permohonan ke Sesditjen BUK.

Kedepannya SIMRS GOS ini diharapkan menjadi alternative untuk implementasi SIMRS, karena sesuai dengan kaedah open source, maka SIMRS ini dapat dikembangkan dan digunakan oleh siapa pun.

Smart Hospital
Prof. Suhono Harso Supangkat, CGEIT, Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan ITB memaparkan konsep eHealth Smart Hospital yang bertujuan mengembangkan dan memanfaatkan teknolog iinformasi di lingkungan kesehatan untuk memenuhi dan melayani kebutuhan pasien, pemangku kepentingan pelayanan dan masyarakat untuk mendapatkan informasi kesehatan secara jelas dan tepat guna.(*)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar